Keuntungan Menanam Jeruk Purut | Harga Meroket Naik Setiap Tahun

Keuntungan Menanam Jeruk Purut | Harga Meroket Naik Setiap Tahun
Jeruk purut asli yang saya tanam tumbuh subur di belakang rumah. Jeruk purut untuk apa ? kita tahu tanaman satu ini sering digunakan untuk menambah aroma berbagai masakan. Panen daun jeruk purut untuk dijual di pasar, harga daun dan bibit jeruk purut berbeda di setiap daerah.



Cara Panen Jeruk Purut Harga Pasaran Naik Daun 
Jeruk purut di belakang rumah yang telah berumur kurang lebih 4 tahun. Nenek Panen jeruk purut di belakang rumah, daun jeruk purut di jual ke pasar dengan harga Rp. 5.000 per ikat. (Pasar Lubuklinggau) Tanaman jeruk purut di belakang rumah tumbuh sangat subur, panen daun jeruk purut dengan melakukan pemangkasan dahan. Selanjutnya ranting jeruk purut di potong dengan ukuran 10-13 cm dijadikan 1 ikat sebanyak 5-8 ranting yang terdapat daun jeruk purut segar. Setelah di ikat dan tersusun rapi lanjut di antar ke pasar di jual ke pedagang sayuran. Satu kali panen, 1 pohon jeruk purut ini mendapatkan uang 50.000-80.000 untuk menambah penghasilan keluarga.

Masa Tunggu Setelah Panen
Tunas baru jeruk purut akan tumbuh kembali setelah 3-5 hari, 2 minggu kemudian dapat di panen kembali. Tanaman jeruk purut ini juga menghasilkan buah yang segar untuk di jadikan minuman sehat dengan campuran gula merah. Semoga menjadi inspirasi, bahwa menanam jeruk purut di rumah sangat bermanfaat untuk keluarga, selain bermanfaat untuk bumbu masakan juga dapat di jual ke Pasar.

Menanam tanaman buah dalam pot, sayuran, dan lainnya di rumah sebagai bentuk kegemaran saya akan tanaman juga dapat bermanfaat untuk konsumsi keluarga.

Anda Pendukung Pengembangan Channel: Sahabat ingin traktir Ngopi: https://sociabuzz.com/antonmenanam Terima Kasih

Anton Mardoni

Anton Mardoni, S.IP.,M.Si, lahir di Masmambang, 12 Desember 1980. Riwayat pendidikan diantaranya SD Negeri Masmambang Kecamatan Talo Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu, lulus Tahun 1993, SMP Negeri Kampai Kecamatan Talo Kabupaten Bengkulu Selatan, lulus Tahun 1996, SMU Negeri 1 Talo Kecamatan Talo Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu, lulus tahun 1999. Melanjutkan pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, lulus Tahun 2006. Melanjutkan pendidikan Pascasarjana Magister Ilmu Administrasi, FISIP Universitas Bengkulu, lulus Tahun 2015. Menjadi Dosen Tetap Universitas Musi Rawas, Sekretaris Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Musi Rawas, Tahun 2010-2011, Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Musi Rawas, Tahun 2011-2015. Pembantu Dekan I FISIP Universitas Musi Rawas, Tahun 2017-2021. Wakil Dekan I FISIP Universitas Musi Rawas, Tahun 2021-sekarang.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak