Menanam Hasil Cangkokan Jambu Kristal Di Pot

Menanam Hasil Cangkokan Jambu Kristal Di Pot
Pemangkasan cabang dan daun cangkokan jambu kristal sebelum ditanam dalam pot sangat penting agar akar tumbuh subur. Jambu kristal ini memiliki biji yang sangat sedikit dan proporsi buah yang lebih tinggi dibandingkan buah biji lainnya. Bentuk jambu kristal bulat agak pipih dan permukaannya tidak rata, namun daging buahnya garing. Tanaman buah asal Taiwan ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 1990.

Jambu kristal ini sangat populer, sehingga tidak heran jika sekarang banyak orang yang mulai membudidayakan jambu kristal. Jika anda tidak memiliki lahan, anda bisa menanam Jambu kristal di dalam pot atau Tabulampot Jambu Kristal, cara menanam jambu Kristal dalam pot bisa dipraktekkan. 

 

Persiapan Bibit Cangkok Jambu Kristal 

Jambu kristal dapat diperbanyak dengan perbanyakan vegetatif seperti cangkok. Perbanyakan secara vegetatif dianjurkan bila menggunakan cangkok Jambu kristal karena Jambu Kristal lebih cepat berbuah. Saat menanam Jambu kristal, perlu pemangkasan daun dan ranting agar jambu kristal cepat tubuh subur. 

Persiapan Pot dan Media Tanam Jambu Kristal

Siapkan pot tanaman yang besar, pot plastik bisa digunakan sebagai pot. Media tanam jambu kristal adalah campuran tanah, kompos dan sekam padi.  

Metode Budidaya Jambu Kristal Dalam Pot 

Segera lakukan penanaman, tempatkan media tanam pada pot yang telah disiapkan. Setelah media tanam dimasukkan ke dalam pot, masukkan bibit jambu kristal ke dalam media tanam dan isi pot hingga penuh dan rapat.  

Metode Merawat Jambu Kristal Dalam Pot 

Siram secara rutin dan teratur agar tanaman jambu kristal tidak stress dan mati. Cabutlah gulma atau tanaman liar lainnya yang tumbuh di sekitar tanaman jambu kristal di dalam pot dengan gunting atau dengan tangan. Pemupukan juga dengan NPK mutiara 1 sendok dicampur dengan satu liter air, pemupukan ini dilakukan sebulan sekali.  

Panen Jambu Kristal 

Jambu Kristal bisa anda panen setelah tanaman Jambu Kristal berumur 1-2,5 tahun. Ciri buah jambu kristal siap panen berwarna kuning dengan aroma buah yang khas.


Anda Pendukung Pengembangan Channel: Sahabat ingin traktir Ngopi: https://sociabuzz.com/antonmenanam Terima Kasih

Anton Mardoni

Anton Mardoni, S.IP.,M.Si, lahir di Masmambang, 12 Desember 1980. Riwayat pendidikan diantaranya SD Negeri Masmambang Kecamatan Talo Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu, lulus Tahun 1993, SMP Negeri Kampai Kecamatan Talo Kabupaten Bengkulu Selatan, lulus Tahun 1996, SMU Negeri 1 Talo Kecamatan Talo Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu, lulus tahun 1999. Melanjutkan pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, lulus Tahun 2006. Melanjutkan pendidikan Pascasarjana Magister Ilmu Administrasi, FISIP Universitas Bengkulu, lulus Tahun 2015. Menjadi Dosen Tetap Universitas Musi Rawas, Sekretaris Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Musi Rawas, Tahun 2010-2011, Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Musi Rawas, Tahun 2011-2015. Pembantu Dekan I FISIP Universitas Musi Rawas, Tahun 2017-2021. Wakil Dekan I FISIP Universitas Musi Rawas, Tahun 2021-sekarang.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak